Mana yang Lebih Efisien, Psikotes Online atau Psikotes Offline?

  • 3 min read
  • Sep 29, 2022

Psikotest bagi setiap calon karyawan yang akan gabung atau masuk ke sebuah perusahaan adalah sangat penting dilakukan, karena test psikotes ini menjadi sebuah alat untuk mengukur atau mengevaluasi seseorang baik dari aspek bakat, minat, motivasi maupun kepribadian calon karyawan.
Tes Psikotes adalah menjadi salah satu alat selekasi yang digunakan oleh HRD, baik dilakukan secara online maupun secara offline. Apalgi dimasa pandemi yang mengharuskan orang untuk mengurangi tatap muka maka pilihan psikotes online menjadi hal yang sangat dimanfaatkan oleh perusahaan. Psikotes tidak hanya berperan dalam merekrut karyawan baru saja, melainkan bisa digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap karyawan lama apabila akan menempati posisi atau jabatan baru terutama jabatan yang levelnya managerial.

Aspek Penilaian Psikotes Online Maupun Offline

Aspek yang dinilai dalam test psikotes baik online maupun offline ada beberapa yaitu diantaranya aspek bakat, aspek minat, kecerdasan, dan aspek kepribadian. Aspek bakat adalah aspek untuk menilai kelebihan dan kekurangan pribadi seseorang secara alami.

Aspek minat adalah tentang motivasi seseorang dalam melakukan aktifitasnya. Aspek yang lainnya adalah Kecerdasan, yang merupakan Kapasitas Berpikir yang dimiliki oleh Seseorang. Mulai Dari Kemampuan dalam menerima Informasi sampai Kemampuan dalam mengambil keputusan dari apa yang saat ini dipikirkan. Aspek lainnya yaitu aspek Kerja yang menjelaskan tentang bagaimana perilaku dari calon karyawan di saat berada dalam lingkungan kerja atau situasi saat kerja.

Aspek terpenting lainnya adalah aspek kepribadian, dimana aspek ini menjelaskan tentang keahlian seseorang untuk menunjukkan seberapa besar produktivitas orang tersebut terhadap perusahaan. Semua aspek itu harus digali oleh seorang HRD agar calon karyawan yang akan masuk ke perusahaan sesuai dengan visi dan misi dari perusahaan, sehingga diharapkan calon tersebut bisa segera beradaptasi dengan perusahaan jika diterima.

Tujuan dari test psikotes online dan offline

Baik itu psikotes online maupun offline, keduanya sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Dengan psikotes tersebut maka HRD dari sebuah perusahaan bisa menggali tentang potensi dan kemampuan dari calon karyawannya bahkan sampai tingkat stres yang dimiliki oleh calon tersebut.

Selain itu, kedua jenis psikotes ini juga akan dapat membantu HRD untuk merekrut karyawan yang paling cocok dengan pekerjaan tertentu yang ditawarkan. Hal ini tentunya akan membuat perusahaan bisa menghindari adanya biaya turn over yang terlalu tinggi dalam perusahaan.

Pilih psikotes online atau psikotes offline?

Sebelum saat ini mulai marak menggunakan psikotes online, psikotes offline sudah lebih dahulu digunakan oleh berbagai jenis perusahaan dalam melakukan rekrutmen karyawan. Kalau melihat dari kesamaan aspek yang di nilai dari kedua psikotes tersebut baik online maupun offline, maka keduanya mempunyai peran dan tujuan yang sama pentingnya.
Pertanyaan yang banyak muncul dari kedua jenis test yaitu psikotes online dan psikotes offline adalah mana yang lebih efisien dan lebih bagus digunakan. Nah untuk mendapatkan gambaran dan mengetahui perbedaan dari kedua psikotes tersebut sehingga memilih mana yang harus digunakan dan sesuai dengan perusahaan, berikut beberapa ulasan dan pemaparannya.

Tes psikotes offline

Psikotes offline merupakan paper based test. Dengan kata lain, psikotes offline ini merupakan tes psikotes yang dapat anda lakukan dengan cara tatap muka secara langsung.

Biasanya, calon karyawan akan mengisi pertanyaan yang ada di atas kertas. Untuk melakukan psikotes offline ini, perusahaan harus mendatangkan calon karyawan langsung ke perusahaan sehingga perlu menyiapkan peralatan, ruangan dan semua hal yang terkait agar saat melakukan psikotes ini bisa berlangsung dengan lancar dan tenang. Jadi psikotes offline ini akan membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih dari seorang HRD.

Tes psikotes online

Psikotes online dalam penyelenggaraannya hanya memerlukan dan memanfaatkan teknologi dan akses internet saja. Calon karyawan bahkan tidak perlu lagi datang ke perusahaan atau kantor, karena psikotes online ini bisa dilakukan dari jarak jauh, misalkan saja calon karyawan tetap mengakses dari rumah. Calon karyawan bisa mengakses dan mengikuti psikotes online ini dari mana saja selama memiliki akses internet yang stabil dan lancar.

Disamping hal tersebut, psikotes online juga memberikan keuntungan yaitu mendapatkan data dan hasil psikotes lebih cepat. Hasil dan data yang didapatkan juga akurat, sehingga dalam melakukan pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan tepat juga.

Sudah jelas khan perbedaan dan hal-hal lain tentang psikotes online maupun psikotes offline, sehingga mana yang akan kita gunakan dikembalikan lagi kepada masing-masing pihak, mana yang sekiranya sesuai untuk digunakan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.